Android Mati Sendiri

Android Mati Sendiri

pengalaman ketika sedang sibuk bermain hp android tapi tiba-tiba mati dengan sendirinya? Hal tersebut tentu sangat mengganggu, kamu harus segera mencari tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi Android yang restart sendiri.

Tak sedikit pengguna ponsel Android yang mengalami kematian sendiri. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu jika kita melakukan aktivitas dengan bermain game online atau mengerjakan suatu pekerjaan di hp android.

Kasus ini bisa dialami di semua merk hp android dari supplier asus, xiaomi, samsung, oppo, vivo dan lain-lain. Jika Anda juga mengalaminya, maka Anda perlu mengetahui apa penyebabnya dan cara mengatasinya.

Pasalnya, ada juga orang yang mengalami saat ponsel Androidnya tiba-tiba mati sendiri, ponsel Androidnya tidak bisa hidup lagi. Bahkan ada yang mengalami hp android mati total dan tidak bisa mengisi baterai.

Anda tidak ingin mengalami hal ini bukan? Jadi jika ponsel Android Anda crash atau reboot secara tiba-tiba, Anda harus segera mencari cara untuk memperbaikinya agar tidak terjadi lagi.

Baca juga: Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang

Kenapa HP Android bisa Mati Tiba-Tiba?

Kenapa HP Android Mati Tiba-Tiba?

Ada beberapa faktor mengapa ponsel Android tiba-tiba mati sendiri. Untuk mengatasi hp android restart sendiri, anda bisa memahami penyebabnya dibawah ini terlebih dahulu.

Kesehatan Baterai: Ini mungkin karena kesalahan kesehatan baterai. Misalnya, daya baterai adalah 80%, tetapi kenyataannya daya baterai hanya tersisa 4%.

Baca Juga  Cara Menghapus Akun Google di HP Android

Baterai HP Android: Baterai HP yang sudah lama, kemungkinan besar ada kerusakan pada baterainya. Baterai adalah sumber daya ponsel, jadi jika baterai rusak akan berpengaruh.

Komponen HP Rusak: Komponen HP Android lama dapat menyebabkan HP mati sendiri. Lebih spesifiknya bisa rusak pada komponen konektor, pada komponen IC.

Banyak File Sampah: Saat Anda membuka atau menjalankan aplikasi, sistem Android menghasilkan file cache. Saat file cache menumpuk, hp android terasa lemot, error, force close, stuck, hingga tiba-tiba mati sendiri.

Membuka aplikasi yang rusak: Saat Anda membuka aplikasi yang menampilkan pesan kesalahan, ponsel akan terasa berat hingga tiba-tiba reboot sendiri. Aplikasi seperti ini tidak dapat menandingi perangkat sistem Android, sehingga menonaktifkan sendiri.

Efek Rooting: Meskipun sering dikatakan bahwa rooting Android memiliki efek yang baik pada kinerja ponsel Android, efek rooting akan menyebabkan ponsel Anda melakukan kesalahan dan mati sendiri. Pasalnya saat hp android sudah di root bisa melewati batas yang sudah ditentukan misalnya anda menginstall game yang berat dan tidak pas banget dengan hp android anda.

Kesalahan Sistem Android: Sistem kesalahan pada Android menyebabkan ponsel melakukan boot ulang atau mati sendiri. Ini sering terjadi pada ponsel Android yang di-rooting. Karena ponsel yang di-root memiliki akses untuk mengubah dan menghapus file sistem penting.

HP kepanasan: Komponen pada ponsel Android yang memberikan performa terlalu tinggi dapat membuat ponsel menjadi panas. Sistem Android dirancang untuk reboot sendiri ketika perangkat keras memiliki suhu tinggi.

Setelah anda mengetahui penyebab smartphone android sering reboot atau mati sendiri, apakah ada yang terjadi di hp anda? Jika iya, berikut beberapa tips untuk mengatasinya.

Baca Juga  Cara Mengalihkan Panggilan Telepon

Cara Mengatasi Hp Android Restart / Mati Sendiri

Hapus file Cache

Bersihkan file-file sampah dari cache secara berkala agar kinerja ponsel Android bisa lancar dan tidak lamban. Solusi ini cukup ampuh untuk mengatasi HP Android yang sering mati sendiri secara tiba-tiba. Anda dapat menggunakan fungsi standar untuk membersihkan cache ponsel atau aplikasi dari Playstore.

Perbaiki Baterai yang Error

Status baterai yang salah dapat menyebabkan ponsel mati sendiri. Solusinya adalah kalibrasi baterai menggunakan aplikasi Battery Calibration di Playstore.

Hapus Aplikasi yang Error

Coba buka aplikasi satu per satu untuk mengetahui aplikasi mana yang mogok. Jika aplikasi memberikan pesan kesalahan atau terpaksa ditutup, aplikasi harus di-uninstall. Cukup masuk ke daftar aplikasi melalui menu pengaturan dan kemudian hapus instalan aplikasi.

Atur suhu ponsel android

Temperatur yang tinggi pada ponsel Android seringkali disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan sehingga membuat komponen chipset menjadi tidak stabil. Kurangi aplikasi yang terinstal, jangan membuka banyak aplikasi sekaligus dan coba hentikan bermain ponsel Android Anda untuk sementara waktu.

Unroot Android

Jika ponsel Android Anda sering mati sendiri setelah rooting, maka root pasti penyebabnya. Anda perlu unroot ponsel Android Anda untuk memperbaikinya.

Instal aplikasi Antivirus

Instal aplikasi AntiVirus yang dapat menghapus virus Android dan mencegahnya mengakses sistem ponsel Android Anda. Anda dapat menginstal program antivirus seperti AVG, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free dan lainnya dari Playstore.

Gunakan Pembersih RAM

RAM yang bekerja maksimal dapat mengatur suhu ponsel Android agar tetap aman. Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih ram dari playstore atau fitur yang tersedia secara default di ponsel Anda.

Gunakan memori Eksternal

Alasan mengapa ponsel Android sering reboot sendiri secara tiba-tiba adalah karena penyimpanan internal penuh. Jadi untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan memori eksternal untuk penyimpanan file alternatif di Android Anda.

Baca Juga  Cara Mengirim File dari HP ke Laptop

Factory Reset

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan mereset ponsel Android. Dengan cara ini, ponsel Android akan kembali ke pengaturan awal atau pabrik, sehingga file sistem Android akan dikembalikan seperti baru lagi. Namun pastikan untuk melakukan backup data di Android Anda terlebih dahulu agar tidak hilang.

Penutup

Jika beberapa tips di atas gagal untuk memperbaiki masalah pada ponsel Android Anda, Anda disarankan untuk pergi ke layanan Android karena kemungkinan besar Android Anda telah merusak komponen perangkat keras.

Berikut beberapa cara mengatasi HP Android yang sering reboot atau mati sendiri secara tiba-tiba. Anda dapat mencoba beberapa tips yang dijelaskan di atas untuk semua jenis Android yang Anda gunakan.

Jika Anda memiliki masalah dalam menerapkan solusi di atas untuk membuat ponsel Android Anda berfungsi normal kembali, silakan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.