Cara Backup Data Android

  • Share
Cara Backup Data Android

Meski jarang dilakukan, Anda harus tahu cara backup data di ponsel Android. Pasalnya dengan membackup file atau data di hp android bisa menjadi solusi saat data anda hilang atau reset.

Tentunya hampir semua orang tidak ingin kehilangan data dan file seperti foto, video, kontak, SMS, chat dari whatsapp, line dan aplikasi lainnya yang ada di penyimpanan HP Android bukan?

Salah satu solusi terbaik untuk memulihkan file Android yang hilang adalah membuat cadangan terlebih dahulu. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika data atau file Anda tiba-tiba hilang.

Selain itu, ketika ponsel Android Anda mengalami masalah dan perlu dilakukan reset pabrik atau reset pabrik. Jadi sangat penting untuk melakukan backup data di ponsel Android ini agar file Anda tidak hilang dan terhapus.

Cara Mencadangkan File dan Data di Ponsel Android

Mencadangkan file dan data di ponsel Android sangat mudah. Dengan cadangan, Anda dapat memulihkan semua data dan file di ponsel Android Anda jika Anda membutuhkannya.

Karena cara backup file dan data di hp android sangat sederhana, ada 5 macam cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa ulasan singkat.

Ingin mengembalikan HP ke setelan pabrik? Berikut cara reset HP android

1. Cadangkan data Android melalui akun Google

Cara Backup Data Android via Akun Google

Semua tipe dan merk Android memiliki fungsi backup melalui akun Google pada cara pertama ini. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan aman untuk melakukan backup data aplikasi, password dan lain-lain.

Baca Juga  Cara Membuat Nomor HP Sibuk

Kemudian yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke akun google untuk dapat memulihkan atau memulihkan data cadangan Anda. Berikut cara backup data Android melalui akun Google:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.
  2. Kemudian pilih menu Sistem.
  3. Pilih Cadangkan dan setel ulang.
  4. Aktifkan Google Backup atau Cadangkan data saya.
  5. Selesai.

Saat Anda mengaktifkan fungsi Google Backup, sistem secara otomatis mencadangkan data seperti kata sandi Wi-Fi, riwayat telepon, data aplikasi termasuk pengaturan aplikasi dan data lainnya.

Baca juga: Cara Memindahkan Kontak HP

2. Melalui Cadangan Lokal

Sebagian besar smartphone Android terbaru sekarang memiliki fitur backup sebagai standar. Fitur ini sering disebut sebagai local backup karena fitur ini disediakan oleh brand dari ponsel Android itu sendiri.

File cadangan diproses dan disimpan di penyimpanan di ponsel Android Anda. Berikut cara backup data HP Android melalui local backup:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu sistem.
  3. Pilih menu Cadangkan dan setel ulang.
  4. Terakhir, pilih opsi Pencadangan Lokal.
  5. Selesai.

Fitur pencadangan lokal ini memungkinkan data dicadangkan secara otomatis. Namun, pencadangan lokal terkadang tidak mendukung beberapa aplikasi sehingga data tidak berhasil disimpan.

3. Menggunakan Easy Backup & Restore

Easy Backup & Restore adalah aplikasi yang memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah membuat file cadangan untuk data di ponsel Android Anda. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan navigasi yang mudah sehingga Anda dapat menggunakannya dengan mudah.

Aplikasi ini dapat membuat cadangan kontak, konten SMS, bookmark, kalender, riwayat panggilan, dan data aplikasi. Namun, aplikasi ini tidak dapat mencadangkan foto, video, dokumen, atau file lainnya. Atau, Anda dapat memindahkannya ke laptop atau flash drive terlebih dahulu.

Baca Juga  Cara Install XAPK

Baca juga: Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

4. Cara mencadangkan melalui Titanium Backup

Cara mencadangkan melalui Titanium Backup

Cara backup data di hp android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi titanium backup. Aplikasi ini cukup populer dan ampuh digunakan untuk membackup dan restore data di hp android.

Aplikasi ini juga memiliki fungsi yang sangat lengkap dan berguna jika Anda rutin melakukan backup dan restore. Namun, aplikasi ini membutuhkan akses root agar dapat digunakan sepenuhnya.

Berikut cara membackup data Android melalui titanium backup:

  1. Download aplikasi Titanium Backup dari playstore.
  2. Kemudian buka aplikasinya.
  3. Di bagian atas, pilih menu Cadangkan/Pulihkan.
  4. Ketuk Menu lalu pilih opsi Batch Actions.
  5. Pilih Cadangkan semua aplikasi pengguna + data sistem untuk membuat salinan data dan aplikasi.
  6. Periksa aplikasi yang ingin Anda buat cadangannya.
  7. Tunggu hingga proses pencadangan selesai.

Simpan cadangan atau salinan cadangan ke komputer atau penyimpanan kartu SD Anda agar tidak hilang.

5. Bagaimana Cara Mencadangkan File/Data Android ke PC?

Cara ini sangat cocok jika Anda hanya ingin membackup file seperti foto, video, dokumen atau file lain yang ada di penyimpanan ponsel Android Anda.

Cukup gunakan kabel USB untuk menghubungkan ponsel Android Anda ke PC. Kemudian pilih opsi untuk mentransfer file dan terakhir pindahkan file yang diinginkan ke PC atau laptop Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membackup file atau data di ponsel Android Anda agar tetap aman. Tentukan metode mana yang paling efektif untuk Anda gunakan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *