Cara Install XAPK

Cara Install XAPK

Ingin membuka XAPK di HP Android, tapi tidak tahu caranya? Jangan khawatir, berikut ini cara install XAPK dengan mudah, cepat dan lengkap di Android.

Seperti diketahui, format file aplikasi Android pada umumnya adalah APK. Namun ternyata ada format lain yang sering digunakan untuk menginstal aplikasi Android, yaitu XAPK.

XAPK biasanya sering kita temukan ketika kita mencari di internet untuk sebuah aplikasi atau game Android. Hal ini dikarenakan game atau aplikasi yang kita inginkan tidak tersedia di Google Playstore.

Dengan adanya file XAPK di internet anda dapat dengan mudah dan gratis menginstall aplikasi dan game yang sebenarnya tidak ada di Google Playstore.

Apa itu XAPK?

Sebelum kita masuk ke pembahasan install XAPK, ada baiknya kita mengetahui apa itu XAPK dan cara kerjanya agar bisa memahami XAPK.

XAPK adalah file gabungan dari aplikasi Android atau penginstal game dalam format APK bersama dengan file OBB.

OBB adalah kumpulan file pendukung atau data tambahan yang dibutuhkan suatu aplikasi untuk dijalankan. Itu sebabnya XAPK selalu lebih besar dari file APK rata-rata.

Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna Android dalam menginstal aplikasi atau game karena ketika Anda menginstal XAPK, file OBB akan diinstal secara otomatis.

Baca juga: Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp

Cara Instal XAPK di ponsel Android

Sementara XAPK pada dasarnya dimaksudkan untuk dapat menginstal aplikasi secara otomatis tanpa memindahkan file OBB, Anda juga dapat membuka file XAPK untuk mendapatkan OBB jika Anda membutuhkannya.

Baca Juga  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Anda dapat memutuskan sendiri metode mana yang ingin Anda gunakan. Apakah Anda ingin menginstal XAPK secara otomatis atau membuka XAPK secara manual.

XAPK Installer

XAPK Installer adalah aplikasi yang dapat menginstal file XAPK secara otomatis di ponsel Android. Meskipun aplikasi ini berukuran kecil dan cukup ringan, namun installer XAPK dapat membuka file XAPK di ponsel Android dengan sangat cepat.

Cara install XAPK di hp android secara otomatis :

  1. Download aplikasi XAPK Installer disini.
  2. Kemudian instal aplikasi tersebut di ponsel Android Anda.
  3. Jalankan aplikasi, lalu berikan izin yang diperlukan.
  4. Kemudian aplikasi ini secara otomatis akan mulai mendeteksi XAPK di ponsel.
  5. Ketuk opsi Instal pada file XAPK yang diinginkan.
  6. Setelah itu, instalasi XAPK akan dimulai.
  7. Jika sudah, XAPK sudah terinstall.
  8. Selesai.

Langkah-langkah menginstal XAPK di atas akan menginstal file OBB secara otomatis. Jadi sekarang kamu sudah bisa menjalankan game atau aplikasi tersebut. Sangat mudah bukan?

Cara install XAPK di hp android secara manual:

Cara manual sering digunakan ketika seseorang ingin mengekstrak isi file XAPK. Alasannya adalah ini memisahkan file XAPK menjadi file APK dan folder OBB-nya.

Cara menginstal XAPK secara manual:

  1. Cari file XAPK melalui aplikasi pengelola file.
  2. Ganti nama atau ubah format file XAPK menjadi ZIP.
  3. Kemudian ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi ZARCHIVER.
  4. Pergi ke folder yang diekstrak.
  5. Kemudian Anda akan menemukan file APK dan folder OBB-nya.
  6. Instal APK, misalnya APK game PUBG.
  7. Kemudian pindahkan folder OBB ke folder /Android/OBB/.
  8. Selesai, Anda telah menginstal XAPK secara manual.

Pastikan Anda memindahkan folder OBB ke folder yang benar. Pasalnya, jika OBB tidak berada di tempat yang tepat, Anda perlu mengunduh file pendukung atau data tambahan.

Baca Juga  Cara Mengalihkan Panggilan Telepon

Mengapa XAPK tidak dapat diinstal

Meskipun menginstal XAPK sangat mudah, beberapa orang masih mengalami beberapa masalah. Berikut adalah beberapa masalah dan ulasan untuk memperbaikinya:

1. Instalasi gagal

Jenis kesalahan ini biasanya disebabkan oleh tidak mengaktifkan instalasi dari sumber yang tidak dikenal. Untuk mengaktifkan opsi ini, Anda harus masuk ke fitur keamanan di menu Pengaturan ponsel Android.

2. File XAPK Rusak

File XAPK yang rusak tidak akan berfungsi, bahkan instalasinya akan gagal. Hal ini dikarenakan jaringan internet yang kurang stabil saat mendownload file XAPK sehingga menyebabkan file XAPK menjadi corrupt.

3. Memori penuh

File XAPK umumnya berukuran cukup besar karena sudah membutuhkan folder OBB atau data tambahan. Jadi pastikan ruang penyimpanan masih memiliki ruang yang cukup sebelum menginstal XAPK di ponsel Android.

4. Sumber lain tidak diaktifkan

Untuk menginstal atau menginstal aplikasi dari luar Playstore, Anda harus mengaktifkan fitur Unknown Sources di pengaturan Android. Atau jika anda mengatasi artikel An Uninstalled Application karena alasan lain, anda bisa membaca. Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.