Cara Mengaktifkan Ads.txt

Cara Mengaktifkan Ads.txt

Apakah halaman depan Adsense Anda mendapatkan pesan “Penghasilan Anda berisiko – Anda perlu memperbaiki beberapa masalah dengan file ads.txt untuk menghindari dampak serius pada penghasilan Anda.” Untuk mengatasinya, pasang dan aktifkan Ads.txt di blog Anda, tetapi bagaimana caranya? Baca lebih lanjut tentang artikel ini.

Sebelum melanjutkan, baca cara mengaktifkan ads.txt di blog Anda. Pastikan Anda sudah mengetahui apa itu ads.txt dan cara kerja ads.txt untuk blog Anda. Berikut ulasan singkat tentang ads.txt yang harus Anda ketahui.

Apa itu Ads.txt di Adsense?

Authorized Digital Sellers atau disingkat ads.txt adalah file yang dapat menandai situs web Anda sebagai mitra resmi Google Adsense. Ads.txt berasal dari inisiatif IAB untuk memastikan bahwa iklan digital di situs web Anda adalah adsense yang sebenarnya.

Dengan memasang dan mengaktifkan ads.txt di blog Anda, Anda dapat meyakinkan pengiklan bahwa situs web atau blog Anda adalah mitra resmi Adsense. Dengan begitu, mereka tidak perlu khawatir memasang iklan Google Adsense di blog Anda.

Meskipun tidak wajib memasang ads.txt di blog Anda, sangat disarankan agar Anda memasang ads.txt di blog Anda. File ads.txt juga dapat memastikan bahwa website atau blog Anda dipercaya dan tidak dianggap blog sembarangan.

Selain itu, jika Anda mendapat panggilan di halaman depan adsense Anda untuk memasang ads.txt di blog Anda, itu berarti Anda harus segera memasang ads.txt di blog Anda. Ini untuk memastikan bahwa iklan adsense tetap muncul di blog Anda tanpa masalah.

Ada dua cara berbeda untuk mengaktifkan ads.txt. Pertama, Anda dapat menginstal ads.txt untuk pengguna blogger.com, sedangkan yang kedua, jika Anda adalah pengguna wordpress atau CMS lain yang dapat diakses melalui panel.

Baca Juga  Cara Download File di Google Drive

Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Memasang dan mengaktifkan ads.txt di blogger sangat mudah. Blogger telah menyediakan fitur ini sendiri, jadi tidak akan menyulitkan Anda.

Untuk memasang ads.txt di blogger, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka website Adsense lalu ambil kode nomor Pub Anda.
  2. Akses blog Anda dari panel blogger.
  3. Pilih menu Setting kemudian klik opsi Search Preferences.
  4. Di bagian bawah robots.txt khusus, klik Edit.
  5. Pilih Ya untuk mengaktifkan konten robots.txt khusus?
  6. Isi kolom di bawah ini dengan kode berikut google.com, nomor pub, DIRECT, f08c47fec0942fa0 (isi nomor pub dengan Anda sendiri)
  7. Terakhir, klik tombol Simpan Perubahan.

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menunggu beberapa jam hingga peringatan di dashboard adsense hilang. Anda tidak perlu khawatir tentang peringatan itu karena itu tidak mengganggu Anda lagi.

Cara Memasang Ads.txt di WordPress

Mengaktifkan ads.txt di wordpress mungkin akan sama seperti di CMS lain seperti joomla, drupal dan masih banyak lagi. Karena pada dasarnya Anda hanya perlu mengakses file domain root melalui panel untuk menginstal ads.txt Anda.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal ads.txt di wordpress:

  1. Buka situs Adsense dan kemudian ambil kode nomor Pub Anda.
  2. Buka Notepad di komputer, lalu isi dengan google.com, pub number, DIRECT, f08c47fec0942fa0 dan simpan dengan nama ads.
  3. Pergi ke panel dan kemudian pilih opsi File Manager.
  4. Pastikan Anda berada di public_html lalu upload ads.txt yang Anda buat.
  5. Ads.txt berhasil diinstal, Anda dapat memeriksa ads.txt di domain.com/ads.txt

Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menunggu peringatan di akun adsense hilang. Jika kode di ads.txt sudah sesuai dan benar, peringatan itu pasti langsung hilang.

Baca Juga  Cara Mengganti Cover Playlist Spotify

Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt di Adsense

Anda mungkin merasa bingung karena Anda telah berhasil menginstal dan mengaktifkan ads.txt di blog Anda, tetapi mengapa masih ada peringatan ads.txt di halaman adsense Anda.

Mungkin perlu beberapa saat bagi Google Adsense untuk menyelesaikan perubahan Anda. Jadi tunggu beberapa hari sampai adsense anda memodifikasi ads.txt berhasil terpasang di blog, kemudian peringatan tersebut pasti akan hilang dengan sendirinya.

Namun, jika ads.txt memperingatkan Anda dengan pesan “Penghasilan Anda berisiko – Anda perlu memperbaiki beberapa masalah dengan file ads.txt untuk menghindari dampak serius pada penghasilan Anda”. masih muncul di halaman AdSense Anda, coba periksa situs web mana yang perlu Anda perbaiki.

Caranya tinggal klik opsi Fix Now yang ada di peringatan tersebut. Anda kemudian akan secara otomatis dibawa ke menu Situs dari Adsense Anda. Mungkin ada situs web yang tidak memasang ads.txt di domain tersebut.

Jika memang domain tersebut sudah tidak aktif lagi atau mungkin sudah tidak bisa diakses lagi, coba hapus dari daftar situs adsense Anda. Cukup klik pada domain dan kemudian pilih tombol Hapus untuk menghapus situs di Adsense.

Itulah tutorial cara mengaktifkan Ads.txt pada blog blogspot dan wordpress melalui cpanel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.