Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

  • Share
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Mencopot pemasangan aplikasi bawaan di ponsel Android bisa jadi sulit bagi pengguna ponsel Android baru. Pasalnya, menghapus aplikasi bawaan Android tidak sama dengan aplikasi yang Anda tambahkan melalui Playstore.

Aplikasi bawaan pada ponsel Android terkadang memainkan peran penting dalam sistem ponsel. Itu sebabnya aplikasi menjadi standar di HP.

Namun, seringkali vendor atau merek ponsel Android menawarkan aplikasi standar yang pada dasarnya tidak berguna. Aplikasi ini justru akan mengisi penyimpanan ponsel Android.

Ketika Anda ingin menghapusnya, ternyata tidak ada opsi seperti itu. Ya, aplikasi bawaan Android memang tidak bisa di-uninstall, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Ada cara khusus untuk meng-uninstall aplikasi bawaan di ponsel Android. Anda dapat melakukan ini di ponsel Android Anda yang di-rooting atau tidak di-rooting.

Baca juga: Cara Remote Android Dari PC

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Root

Ada dua jenis pada ponsel Android. Yang pertama adalah Android yang di-root dan yang kedua adalah Android yang tidak di-root.

Sebenarnya untuk menguninstall aplikasi bawaan di hp android akan lebih mudah jika android sudah di root. Oleh karena itu, ada beberapa macam metode untuk melakukannya. Berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Root Explorer

Root Explorer

Root Explorer adalah aplikasi yang harus dimiliki untuk pengguna ponsel Android yang di-rooting. Pengoperasian aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi file manager pada umumnya.

Anda dapat menghapus, mengakses, dan mengedit file di perangkat Android Anda. Tetapi perbedaannya adalah Anda dapat mengelola file di sistem Android stok Anda.

Baca Juga  Cara Memindahkan Kontak HP

Cara uninstall aplikasi bawaan android dengan root explorer, anda perlu mengatur hak akses atau permission root explorer terlebih dahulu. Buka aplikasi Root Explorer lalu ketuk tombol Mount as R/W dan ubah opsi menjadi R/W (baca dan tulis).

Lalu pergi ke System > App folder melalui aplikasi Root Explorer. Anda kemudian akan melihat daftar semua aplikasi default di ponsel Android Anda. Ketuk dan tahan lalu pilih opsi uninstall untuk menghapus aplikasi default yang diinginkan.

Pastikan Anda benar-benar memilih aplikasi bawaan yang tidak berguna. Juga, berhati-hatilah untuk tidak meng-uninstall aplikasi sistem yang berperan penting di Android Anda untuk menghindari bootloop.

2. EX Explorer

EX Explorer

Aplikasi EX Explorer pada dasarnya adalah aplikasi pengelola file yang dapat mengakses folder sistem android. Ini mirip dengan root explorer tetapi aplikasi ini memiliki lebih banyak fitur dan memberikan tampilan yang bagus.

Uninstall aplikasi bawaan di hp android melalui aplikasi ini juga sangat mudah. Cukup izinkan akses root untuk aplikasi ini, lalu buka folder sistem dan hapus aplikasi default yang Anda inginkan.

3. System app remover

System app remover

Dari namanya saja sudah bisa dipahami bahwa aplikasi ini bisa menghapus aplikasi bawaan dari sistem di ponsel Android. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan root pada ponsel Android Anda terlebih dahulu.

Untuk menghapus aplikasi default untuk ponsel Android yang di-rooting, lakukan hal berikut:

  1. Instal aplikasi System Apps Remover dari playstore.
  2. Kemudian buka aplikasinya.
  3. Berikan izin root ke aplikasi ini.
  4. Centang kotak aplikasi default yang ingin Anda hapus.
  5. Ketuk tombol Hapus di bagian bawah.
  6. Ketuk opsi Ya untuk setuju mencopot pemasangan aplikasi.
  7. Tunggu saja prosesnya sampai selesai.
  8. Sekarang aplikasi ponsel Android default telah berhasil dihapus.
Baca Juga  Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang

Jika ponsel Android Anda tidak di-root, Anda juga dapat menginstal aplikasi ini. Namun, fitur penghapusan aplikasi sistem ini hanya berfungsi untuk ponsel Android yang di-rooting.

Baca juga: Cara Reset HP Android

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android No Root

1. Menonaktifkan Aplikasi

Salah satu cara untuk menghapus aplikasi bawaan pabrik pada ponsel Android yang tidak di-root adalah dengan menonaktifkan aplikasi tersebut. Cara ini bisa menjadi cara alternatif bagi pengguna Android tanpa root.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka menu pengaturan di Android Anda.
  2. Kemudian buka menu aplikasi atau apps atau aplikasi.
  3. Anda harus memilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan.
  4. Ketuk opsi Paksa Berhenti atau Paksa Berhenti.
  5. Terakhir, ketuk opsi Nonaktifkan atau Nonaktifkan.

Bahkan jika aplikasi tidak benar-benar dihapus, itu akan berhenti bekerja. Dengan begitu, kinerja RAM pada ponsel Android akan lebih berguna untuk aplikasi lain.

2. CCleaner

CCleaner

CCleaner adalah aplikasi pembersih yang juga dapat menghapus aplikasi sistem bawaan di ponsel Android. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan dapat dengan mudah diinstal dari playstore.

Cara menghapus aplikasi bawaan ponsel Android dengan CCleaner:

  1. Pertama, instal aplikasi cCleaner di ponsel Anda.
  2. Kemudian buka aplikasinya.
  3. Ketuk tiga baris di bagian atas untuk membuka menu.
  4. Kemudian pilih opsi Manajer Aplikasi.
  5. Pilih Sistem lalu ketuk tombol hapus dengan logo tempat sampah.
  6. Periksa aplikasi default yang akan dihapus.
  7. Ketuk tombol Copot pemasangan untuk mencopot pemasangan aplikasi.
  8. Terakhir, pilih opsi OK untuk mengonfirmasi.

Baca juga: Cara Hapus Akun Google di Android

Sekarang Anda telah berhasil mencopot pemasangan aplikasi bawaan sistem di ponsel Android Anda tanpa perlu akses root. Cara ini bisa digunakan di semua jenis hp android baik itu asus, samsung, huawei, vivo, oppo, xiaomi, realme dan lainnya.

Baca Juga  Cara Backup Data Android

Itulah artikel tentang cara menghapus aplikasi hp android default root atau no root. Menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai akan membuat RAM lebih lega dan kinerja Android akan lebih optimal.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *