Cara Mengubah HP Android Jadi Remote

Ingin membuat remote TV dari ponsel Anda? Jangan khawatir, sangat mungkin untuk mengubah ponsel Android menjadi remote control. Anda bahkan dapat menjadikannya sebagai remote control untuk TV, AC, DVD, proyektor, dan produk elektronik lainnya.

Smartphone pada awalnya hanya digunakan sebagai alat komunikasi dan menikmati media sosial. Namun kini ponsel Android bisa digunakan dari jarak jauh untuk TV, AC, proyektor dan perangkat elektronik rumah tangga lainnya.

Kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan semua jenis ponsel Android baik itu asus, samsung, xiaomi, oppo, vivo, realme atau lainnya. Selain itu, ada beberapa cara di mana Anda dapat mengubah ponsel Anda menjadi remote control.

Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang ponsel yang Anda gunakan. Cukup gunakan ponsel Android Anda, Anda dapat menggunakannya sebagai remote control untuk TV, AC, Proyektor, dan lainnya.

Cara Mengubah HP Jadi Remote

Tidak masalah ponsel Android mana yang Anda gunakan, tetapi Anda hanya perlu mengambil bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk membuat ponsel Android Anda dari jarak jauh.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa membuat remote TV handphone. Namun, di idnews, kami hanya akan membahas beberapa aplikasi ini yang paling direkomendasikan untuk Anda.

ZaZa Remote

ZaZa Remote

Aplikasi pertama yang dapat mengubah ponsel Android Anda menjadi remote control adalah ZaZa Remote. Aplikasi ini dapat mengubah ponsel Android Anda menjadi remote control AC, TV, proyektor, DVD, kipas angin, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Cara menggunakan aplikasi TV dan DVD dari jarak jauh:

  1. Instal aplikasi ZaZa Remote di HP Android melalui playstore.
  2. Kemudian buka aplikasinya.
  3. Ketuk ikon plus + di bagian atas.
  4. Pilih perangkat yang diinginkan (AC, TV, proyektor, DVD, kipas angin, dll.).
  5. Tentukan merek perangkat yang ingin Anda gunakan dari jarak jauh.
  6. Ketuk ikon Daya untuk menguji apakah remote berfungsi atau tidak.
  7. Pilih Tidak ada respons jika remote tidak berfungsi di perangkat Anda.
  8. Terus cari ikon daya hingga Anda menemukan yang berfungsi.
  9. Jika perangkat merespons tombol daya, ketuk Tanggapi.

Sekarang Anda telah menemukan jenis perangkat elektronik yang sesuai dengan aplikasi di ZaZa Remote. Setelah itu, Anda bebas menggunakan ponsel Android Anda untuk mengontrol perangkat elektronik seperti remote control.

Cara ini berfungsi untuk mengubah handphone menjadi remote control, baik itu TV, DVD, proyektor, kipas angin atau benda elektronik lainnya yang tersedia di aplikasi ini.

ASmart Remote IR

ASmart Remote IR

Aplikasi selanjutnya untuk mengubah ponsel Android menjadi remote control adalah ASmart Remote IR. Aplikasi ini mendukung pembuatan remote control ponsel Anda untuk kamera DSLR, AC, TV, proyektor dan banyak lainnya.

Untuk mengubah ponsel Android menjadi remote TV:

  1. Instal aplikasi ASmart Remote IR untuk ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi dan tekan tanda plus di bagian atas.
  3. Kemudian tambahkan perangkat elektronik yang diinginkan.
  4. Misalnya TV, lalu pilih merek TV Anda.
  5. Uji tombol di aplikasi apakah berfungsi atau tidak.
  6. Jika tidak, Anda perlu menemukan tombol yang berfungsi.
  7. Setelah Anda menemukannya, Anda dapat menggunakannya.

Aplikasi ini juga menyediakan tombol jarak jauh yang praktis untuk Netflix dan Hulu pada merek dan jenis TV tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga telah terbukti berhasil digunakan di ponsel android untuk remote TV tabung.

Mi Remote

Mi Remote

Mi Remote merupakan aplikasi remote yang cukup populer bagi pengguna ponsel Android Xiaomi. Pasalnya, aplikasi ini diluncurkan oleh xiaomi dan diperuntukkan bagi pengguna Xiaomi yang ingin menggunakan ponselnya sebagai TV eksternal, ac, DVD dan lain-lain.

Untuk menggunakan ponsel Xiaomi sebagai remote control TV:

  1. Unduh aplikasi Mi Remote Controller dari playstore.
  2. Ketuk ikon plus di sudut kiri atas aplikasi.
  3. Pilih perangkat elektronik (TV, AC, Fan, DVD atau lainnya)
  4. Tentukan merek perangkat Anda.
  5. Ikuti petunjuk dari aplikasi jarak jauh mi.
  6. Jika tombol berfungsi, Anda dapat menyimpan pengaturan.

Dengan menyimpan pengaturan yang benar dan bekerja pada perangkat elektronik Anda, Anda tidak perlu mengatur ulang ketika aplikasi jarak jauh mi ditutup.

TV Remote Control for Samsung

TV Remote Control for Samsung

Bisakah ponsel Samsung menjadi remote TV? Tentu saja saya bisa. Aplikasi Remote Control TV untuk Samsung membantu Anda mengontrol TV Samsung dari jarak jauh dengan mudah.

Untuk menonton TV dari jarak jauh dengan HP, lakukan hal berikut:

  1. Instal aplikasi Remote Control TV untuk Samsung terlebih dahulu disini.
  2. Jika sudah, jalankan aplikasinya.
  3. Kemudian coba arahkan ponsel ke TV.
  4. Tekan tombol di aplikasi.
  5. Jika berhasil, maka aplikasi ini cocok untuk TV Anda.
  6. Selesai.

Meski aplikasi ini menyandang nama Samsung, nyatanya Anda juga bisa menggunakannya untuk mengontrol TV dari jarak jauh dengan Xiaomi, Vivo, Oppo dan lainnya.

Aplikasi Remote TV Tanpa Infrared

Beberapa jenis TV mengharuskan Anda menggunakan inframerah untuk mengoperasikan remote. Namun bagaimana jika perangkat elektronik tidak menggunakan teknologi infra merah?

Jangan khawatir, ada banyak remote TV yang tidak memerlukan inframerah. Bahkan, Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan menginstalnya di ponsel Android Anda melalui Playstore.

Aplikasi yang dapat menjadikan handphone sebagai remote TV tanpa infra merah :

  • Google Home
  • Roku
  • Smart IR Remote
  • SURE (Smart Universal Remote Control)
  • Universal TV Remote
  • Unified Remote

Baca juga: Cara Remote Android dari PC

Anda dapat mencari salah satu aplikasi yang disebutkan di atas melalui google play store. Aplikasi ini mudah digunakan, cukup tambahkan perangkat elektronik lalu sesuaikan tombol pada remote control.

Demikian artikel singkat tentang cara mengubah hp android menjadi remote tv, dvd, ac, kipas angin, proyektor dan perangkat elektronik lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment