Cara Reset HP Android

  • Share
Cara Reset HP Android

Dengan berkembangnya zaman, ponsel Android kini memiliki beberapa fitur yang sangat berguna. Salah satu fungsinya adalah melakukan factory reset pada ponsel Android melalui reset total untuk kembali ke pengaturan awal.

Kebanyakan pengguna HP Android yang ingin melakukan factory reset karena mengalami masalah dengan smartphone-nya. Misalnya HP Android yang lemot, macet, atau mengalami bootloop.

Selain itu, ada juga orang yang ingin mereset ponselnya karena ingin menjual ponsel Androidnya kepada orang lain. Pasalnya, setelah Anda melakukan factory reset ponsel Android Anda, semua data di ponsel Android Anda akan hilang dan akan seperti baru lagi.

Baca juga: Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang

Cara Reset HP Android ke Setelan Pabrik

Fitur factory reset sudah tersedia di banyak merk hp android seperti xiaomi, samsung, oppo, realme, vivo dan lain-lain. Ini berarti sangat mungkin bahwa merek ponsel Android apa pun akan disetel ulang ke pengaturan aslinya atau pabrik.

Cara resetnya juga sangat sederhana dan bisa dilakukan di HP Android kamu. Sebenarnya ada 3 macam cara yang bisa kamu coba untuk factory reset ponsel Android kamu.

1. Atur ulang melalui Pengaturan

Reset lewat Pengaturan

Cara pertama untuk mereset ponsel Android adalah melalui pengaturan ponsel Android itu sendiri. Jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk mereset ponsel Android Anda ke pengaturan pabrik.

Cara ini sudah terbukti work pada merk hp android seperti xiaomi, samsung, oppo, realme, vivo dan lain-lain. Namun, mungkin ada entri yang sedikit berbeda dari menu, tetapi pada dasarnya sama.

Baca Juga  Cara Install XAPK

Untuk kembali ke pengaturan pabrik di ponsel Android:

  1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan di ponsel Android Anda.
  2. Cari dan pilih menu Backup and reset atau Backup and reset.
  3. Ketuk Pulihkan Pengaturan Pabrik atau Hapus Konten Tersimpan.
  4. Tunggu hingga proses reset HP selesai.
  5. Terakhir, ponsel Android akan reboot secara otomatis.
  6. Ketika ponsel Android hidup kembali, ponsel seperti baru kembali.
  7. Selesai.

Anda juga dapat mencadangkan atau mencadangkan ponsel Android Anda sebelum menyetel ulang dari menu yang sama.

2. Reset HP melalui Akun Google

Reset HP via Akun Google

Cara kedua untuk mereset ponsel Android adalah melalui akun Google yang aktif di ponsel Android Anda. Cara ini biasanya digunakan untuk mereset ponsel yang hilang atau dicuri sehingga ponsel akan terkunci dari jarak jauh secara otomatis.

  1. Buka android.com/find dan masuk dengan akun Google Anda.
  2. Akan muncul beberapa pilihan yaitu Play Sound, Lock dan Delete.
  3. Kemudian pilih opsi menu Hapus.
  4. Maka semua data di ponsel Android akan terhapus secara otomatis kecuali data di penyimpanan kartu SD.
  5. Akhirnya, ponsel Android akan reboot.

Ketika ponsel Android aktif dan berjalan kembali setelah restart, Anda akan diminta untuk masuk kembali dengan akun Google Anda. Pasalnya, fitur ini biasanya digunakan untuk mengunci ponsel yang hilang atau dicuri.

3. Reset HP Android di Recovery Mode

Reset HP Android di Recovery Mode

Mode pemulihan adalah tempat di sistem Android yang juga tersedia untuk mengatur ulang ponsel Android untuk kembali ke pengaturan pabrik. Setiap merek ponsel Android memiliki kode yang berbeda untuk masuk ke mode pemulihan.

Untuk masuk ke recovery mode, tekan tombol di ponsel Android Anda sesuai dengan perintah di bawah ini:

  • Samsung: Beranda + Volume Naik + Daya
  • Xiaomi: hidup/mati + volume naik
  • Oppo: Volume Turun + Daya
  • Asus: hidup / mati + volume naik
  • VIVO: hidup/mati + volume naik
Baca Juga  Cara Melacak HP ASUS

Setelah Anda masuk ke mode pemulihan, gunakan volume atas sebagai navigasi atas, volume turun sebagai navigasi bawah dan tombol home sebagai perintah OK.

Anda cukup memilih opsi Wipe Data/Factory Reset, maka ponsel Android akan reboot secara otomatis. Tunggu hingga proses selesai, maka ponsel Android Anda akan kembali ke pengaturan pabrik.

Baca juga: Cara Backup Data Android

Catatan! Jika Anda tidak ingin kehilangan data apa pun di ponsel Android Anda, Anda disarankan untuk membuat cadangan terlebih dahulu. Kemudian copy file backup tersebut ke perangkat lain, seperti laptop atau komputer, agar tidak hilang.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *